alun-alun kota batu jenggottravelercom travel blogger indonesia video animation sandi iswahyudi
Pesona Alun-alun Kota Batu, Jawa Timur

Berkali-kali Menikmati Alun-alun Kota Batu yang Tetap Memesona โ€• Tempat ini, tidak asing lagi bagiku. Entah sudah berapa kali aku menginjakkan kaki ke sini. Kuamati, tempat ini tidak membuat orang bosan untuk datang. Malah sebaliknya, lokasi yang cocok untuk bersantai, baik sendiri, bersama teman atau keluarga. Saat weekend, lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan.

Jika dibandingkan dengan tempat wisata lain, seperti Alun-alun Kota Malang, jelas kalah luas. Namun tetap, pesona Alun-alun Kota Batu tak pernah pudar. Bahkan semakin memikat. Terbukti beberapa kali lewat sini, banyak pedagang kaki lima berjualan di samping alun-alun. Mulai mainan sampai kuliner.

Pesona Alun-alun Kota Batu

Selasa (1/8) sore, aku duduk di kursi panjang berwarna merah yang muat untuk 4-5 orang. Tubuhku berbalut jaket gunung, langsung berhadapan dengan air mancur dan ikon empat buah apel khas Kota Batu serta bianglala besar dengan 17 kabin.

Jika melihat bianglala Kota Batu, aku jadi ingat, jika ini salah satu yang menjadi daya tariknya. Ini yang membuat orang rela antre panjang, untuk sekadar menaikinya. Tiket murah Rp 3.000,- dengan pemandangan yang akan didapatkan, menjadi magnet kuat bagi traveler untuk mencoba.

Bianglala seolah-olah mengatakan, belum ke Kota Batu, jika belum menaikiku.

Apalagi saat malam hari, bianglala akan memancarkan formasi lampu yang cantik, membuatku rela untuk merekamnya.

Sambil menikmati bianglala, kulihat sisi kananku, dua sejoli sedang berduaan. Ada juga suami istri bersama dua anaknya yang lucu. Ada juga yang bersama teman-temannya, duduk, makan, sambil menikmati sekitar.

Sedangkan di sisi kiriku, seorang lelaki dengan anak kecil kulit sawo matang, sedang berfoto membelakangi ikon apel. Kemudian sisi kiri dengan jarak yang agak jauh, terlihat playground buat anak-anak. Mereka bebas bermain, tertawa, dan berekspresi dengan pengawasan dari orangtua masing-masing.

โ€œAh tempat yang harmoni. Nyaman untuk duduk, berteriak, berbicara, tertawa hingga berekspresi,โ€ pikirku dalam hati.

Tidak berhenti di sini saja. Yang bikin suka dengan tempat ini, beberapa menit sekali, wisatawan akan selalu diingatkan oleh petugas lewat ruang informasi berbentuk stroberi, jika di dalam Alun-alun Kota Batu, mereka tidak boleh merokok, buang sampah sembarangan, dan berjualan.

Sebab alun-alun menjadi kawasan bebas asap rokok. Tapi bagi kamu yang merokok, tidak perlu bingung, kamu masih bisa merokok, di tempat yang telah disediakan.

Ikon-ikon lucu Alun-alun Kota Batu

Beberapa kali ke tempat ini, aku mulai sadar, jika ikon-ikon yang ada menjadi ciri khas Kota Batu. Seperti adanya buah stroberi dengan ukuran besar dan kecil. Ukuran besar sebagai tempat informasi wisatawan. Di beberapa lokasi di Kota Batu, banyak yang membuka wisata petik stroberi.

Kemudian ada buah apel, sapi, hingga kelinci. Kota Batu selain pertanian juga peternakan. Banyak juga desa wisata di Kota Batu yang membuka pengalaman memeras susu sapi secara langsung, seperti yang ada di Kampung Sapi Adventure, Desa Beji.

Selain itu bagi kamu yang menginginkan oleh-oleh dari sapi, bisa berjalan sekitar 100 m ke KUD Kios Susu Ganesha Batu yang lokasinya di baratnya alun-alun. Kamu bisa dapatkan susu murni atau yang sudah menjadi yougurt. Ini salah satu tempat oleh-oleh favorit para traveler.

Selanjutnya terakhir ikon apel. Bagi kamu yang ingin petik apel di sini. Lokasi yang saya tahu, ada di daerah Selecta dan Kusuma Agrowisata.

Jadi, jika kamu ke Kota Batu, harus mampir ke alun-alunnya dahulu dan naik bianglala. Jika tidak, berarti kamu belum ke Kota Batu ๐Ÿ˜Š. Selamat menikmati perjalanan.

Tips menikmati Alun-alun Kota Batu

  1. Jika ingin menikmati alun-alun dengan lebih leluasa, berkunjunglah selain weekend.
  2. Jika tak ingin antre naik bianglala, ke sinilah selain weekend.
  3. Membaca buku favorit, menulis, atau melukis, cocok juga di sini.

Peta lokasi Alun-alun Kota Batu

6 KOMENTAR

  1. Benar sekali.pesonanya tiada tara deh pokoknya. Tiap kali lewat selalu mampir naik bianglala. Atau anakku sering nyebut keranjang muter. Hihi… Mungkin karna kecil itu ya jd gak pernah bosan muterinnya #eh

  2. Gak lengkap kalo ke Batu tapi gak mampir ke alun-alun Batu. Tempat favorit banget deh. Ada bianglala juga. Di pojokan ada cafe juga yang bisa langsung melihat ke keramaian alun-alun. Love it !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here