About

Jenggottraveler.com-Travel Blogger Indonesia. Kegagalan memberi saya pelajaran untuk berani berjalan. Berjalan mengajarkan saya tentang hidup ini.


Terima kasih untuk Allah dan semua yang telah membuatku berani untuk berjalan kembali. Tidak mudah dan juga tidak sulit untuk berjalan.

Cukup langkahkan kakimu ke depan, jangan berbalik berjalan ke belakang.

Mulai kenal travel blog, tapi gagal

Jujur, ini adalah travel blog kedua saya. Travel blog pertama bernama mbolang.com, dan sekarang sudah tidak aktif lagi. Saat itu memilih travel blog, karena ingin memiliki blog yang khusus membahas satu topik saja. Akhirnya saya membuat travel blog, walau sebelumnya saya sudah memiliki blog, tapi dengan topik yang bermacam-macam.

Namun tidak berlangsung lama, blog itu akhirnya kandas dan berakhir. Saya pun kembali fokus pada blog yang sudah saya bangun lebih awal.

Pelajaran yang saya dapat dari kegagalan ini adalah, mengikuti arus, tidak memiliki nilai yang harus diperjuangkan, dan tak mampu menjawab pertanyaan sederhana namun bermakna yaitu, “Kenapa saya memilih menjadi seorang travel blog?”

Masih ingat di kepala, dahulu mulai tertarik membuat blog dengan satu topik saat membaca dan mendengar jika menjadi seorang blogger itu baiknya satu topik saja. Itu nanti akan bagus buat personal brand-mu.

Tapi… sudahlah itu sudah terjadi. Salah satu hikmahnya, saya jadi tahu jika blog dengan satu dan banyak topik itu memiliki pangsa pasar sendiri-sendiri. Sekarang, saya memiliki blog personal dengan beragam topik, yaitu sandiiswahyudi.com dengan tagline-nya A Lifestyle Story Teller.

Travel blog kedua dan terakhir

Sepertinya kamu gak cocok deh di sini. Kamu cocoknya di sana. Personal brand-mu sudah nampak di sana, bukan di sini.

Kamu pernah mengalami kalimat di atas? Kalimat yang mungkin, membuat banyak orang tidak berani untuk melangkah maju. Kalimat yang mungkin juga, membuat banyak orang, akhirnya mundur dan meninggalkan apa yang diinginkan.

Saya alhamdulillah beberapa kali pernah merasakannya hal semacam itu, dan saya tak mempedulikannya. Saya ambil hikmahnya saja, bahwa saya harus bisa membuktikan, minimal pada diri sendiri, jika jalan yang saya ambil tidak salah.

Ada begitu banyak gejolak dalam diri beberapa hari belakangan yang membuat saya ingin segera merealisasikan travel blog ini.

Gejolak-gejolak itu membuat saya melangkah dan mengamati lebih jauh tentang dunia travel blogger Indonesia. Saya membaca beberapa travel blog yang hits, serta beberapa buku yang berhubungan dengan traveling.

Semua itu semakin menguatkan dan menyakinkan hati untuk segera melangkah dengan pasti. Akhirnya travel blog, jenggottraveler.com hadir.

Inilah travel blog kedua saya, dan insya Allah terakhir. Tagline-nya A Traveler Story with Video Animation. Jadi, dalam catatan perjalanan nantinya saya akan hadirkan video animasi sebagai pelengkap/ciri khas, walau terkadang nanti ada vlog-nya juga.

Harapan

Mimpi dan harapan saya, lewat jenggottraveler.com, saya bisa menyusuri Indonesia hingga dunia, mengemasnya dengan sudut berbeda, dan menghadirkan kepadamu—pembaca—dengan baik.

Janjiku, saya akan terus berjalan dan mengisi blog ini dengan segala hal yang berhubungan dengan perjalanan. Saya akan menikmati tiap prosesnya.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan ini. Itu sudah menjadi dukungan bagi saya. Semoga kamu juga memiliki hasrat dan kebahagiaan yang sama untuk menelusuri tempat-tempat indah di luar sana, serta mengabadikannya.

Seperti saya yang menikmati tiap proses dalam berjalan dan membangun jenggottraveler.com.

Selamat menikmati perjalanan dan terima kasih.

Semua orang bisa berjalan. Semua orang mendapatkan kesempatan untuk berjalan. Hanya saja, sedikit dari mereka yang mau menikmati dan mengambil pelajaran dari setiap perjalanan.

Salam

Sandi Iswahyudi

Travel Blogger Indonesia & Video Animator